Perkembangan Zaman

Dunia informasi benar-benar berubah. Batas-batas wilayah, perbedaan bahasa, kesetaraan gender dan lainnya menjadi satu genggaman: Smarthphone. Apakah itu sebagaimana prediksi Marshall McLuhan dengan Global vilangge?.

Jika anda tidak pernah menguplaod foto di akun milikmu. Bukan berarti tidak ada fotomu yang berserak di dunia maya.
Aku-aku lain, yang itu orang-orang dekat akan dengan senang menguplaodnya. Informasi yang sumir-pun dengan mudah akan terlacak. Hostori dunia maya selalu meningalkan jejak.

Informasi dapat disilangkan untuk mendapatkan kebenaran. Begitulah algoritma media sosial. Begitulah bagian kecil 4.0 akan bekerja. Tak perlu membuka buku besar dan usang berisi dokumen lama. Karena bigdata akan bekerja mencarinya.

Tentang langkahku yang panjang. Jauh dari kampung halaman. Itu dimulai sejak berurumur 12 tahun. Sejak itulah aku tidak pernah benar-benar kembali. Pergi diwaktu kecil, pulang bawa anak kecil. Dan langkah keluar kampung itu di mulai dari menjadi santri MTs Al-Falah dari tahun 1996-1999.

Disemenanjung Nusakambangan-Cilacap Mbah Leman berkata lirih kepadaku. “Nger, Manusia itu seperti ayam, ketika kecil dierami oleh induknya, namun ketika dewasa mereka pergi keantah berantah”. .. dalam hari aku berkata, “Pangapurane mbah, aku bukan ayam…”.

Teknologi itu mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. Contoh, yang lama perjalanan pergi ke Jawa atau Kalimantan itu dari kampung ke Makassar. Semalam bro. Tapi menyeberangnya Cuma 1 jam. Sebaliknya, 5 orang teman duduk bersama, mereka sibuk dengan HP-nya.

Jadi, Global Vilangge itu yang aku nikmati. Baik fisikalnya ataukah teknologinya. Jadi jika semua terhubung, maka akan merasa dekat….


Profil Fb Penulis | Sumber Tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s