Distrupsion to 4.0

Waktu nyantri 20 tahun lalu, berkirim kabar melalui surat hal biasa. Surat-surat dikirim melalui kantor pos yang berada di lingkungan Kantor Camat Bone-Bone. Pulang pergi ngontel sepeda. Balasan surat dan wesel itu kami harapkan. Hari ini boleh jadi agak aneh dimata malenial. Terlebih BUMN PT. Pos di ujung kebangkrutannya.

Hari-hari ini aku tidak pernah berkirim surat. Hari-hari ini tidak pernah bersepeda. Surat itu berganti dengan email, wa, sms atau telpon dan video call. Bersepeda ditinggalkan, memilih bermotor. Wesel mulai ditinggalkan dengan sms banking atau transfer.

Sebagai penerima manfaat, subtansi teknologi itu memudahkan. Percakapan dengan hanphone lebih interaktif, lebih murah, dan mudah.

Namun, peralihan teknologi itu juga membawa implikasi, berapa jumlah pegawai pos yg dirumahkan. Atau tidak berkembangnya produk sepeda. Didunia pertanian sapi beralih traktor, panen manual beralih mengunakan mesin.

Penjual baju membuka lapak di media sosial, penjual jangkrik dengan tepat waktu mengirim barang dari jawa kedaerah, pelapak makanan bermodal WA berkirim informasi, atau si jomlo merayu kekasih melalui dunia maya.

Masa transisi akan menjadikan distrupsi atau berubahan mendasar dengan hadirnya teknologi, distrupsi itu seperti Velentino Rossi menyelip ditikungan. Saat tersadar lawan itu sudah jauh. Distrupsi merupakan antara, karena nantinya akan menuju istilah 4.0 yang semua berhubung big data dan Artificial Intelligence (AI), itu sudah di depan mata. Pelaku industri lebih mempercayakan robot, contoh dekat kita sebagai pengguna internet juga akan dikuntit oleh iklan dari web yang diklik. Semua kerja kecerdasan AI itu akan banyak mengantikan peran manusia.

Diposisi manakah anda..?


Profil Fb Penulis | Sumber Tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s