Tentang Makanan

Tahun 2003, Di Ambon, di Leihitu, di dekat benteng Portugis, yang banyak kuburan tua, yang jadi tempat pacaran anak anak SMP itu, segala macam makan berbau cengkeh.

5 Sept 2007, Saya menjejakan kaki di Sumatra, tinggal ¥ 1 tahun. tepatnya di Jalan Halmahera No. 5 Kelurahan Surabaya, Bengkulu. Pertama yg paling sulit beradaptasi adalah lidah. Masakan gurih superpedas penyebabnya. Perlu 1 bulan untuk menyesuaikan perut.

26 Agustus 2015, Di Flores aku menemukan ini, makan jagung titi, jagung sangrai ditumbuk yg hambar itu berlauk tuna baby yg sebesar bantal. Makannya menghadap selat Larantuka, itu sarapan pagi sebelum ke Pulau Solor dan pulau Adonara.

16 November 2017, Di Solo aku tidak mampu mengunyah babat kambing, manisnya pool. Makan siang di hotel syariah berlantai 11 itu gagal.

Siapa pemasak makanan nikmat itu, ini versi lidahku. masakan mbote (Sejenis daun keladi) ibuku. Soto Sukaraja bibi yg asli Purbalingga, dan tentu saja masakan teman satu selimutku.

Masakan ibu Nyai juga luar biasa (doaku untuk beliau, Al Fatihah.. ), tongkol bakar yg disantan campur terong. Rasanya gurih mantab, makan siangnya dengan nasi panas, bulir keringat berjatuhan. …Itu resep dari ibunya Jeng Aty dan Jeng Ira yg belum pernah aku dapatkan di manapun. Hingga kini.

Resep ketan hitam Ibunya Kang Ahtob juga luar biasa. Di bentuk bola bola kecil dan di masukkan kedalam toples. Rasanya mantab ingin nambah.

Alhamdulillah saya buat status ini hari selasa jadi bisa langsung praktik. Bisa mengatasi liur yg siap menghambur.

Tentu saja terimakasih dan takzimku kepada mereka yg telah memberikan aku hidangan. Menjadi bagian dari darah dan dagingku yg mengalir hingga kini. Semoga Allah selalu memberikan kebaikan kepada mereka. Amin.

Menurutmu siapa pahlawan pemasak paling enak menurut lidahku…?


Profil Fb Penulis | Sumber Tulisan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s