Pernah Dengar Kata Santri Salafiy atau Santri Modern?

Pada dasarnya dalam dunia per “Pondok” an, Pondok itu dibagi menjadi 2 macam atau dua jenis, yaitu yang di sebut dengan “Pondok Modern” dan “Pondok Salafiyah“. Udah pada tau belum perbedaan dari kedua jenis pondok pesantren tersebut?

Oke, mari kita mulai membahasa salah satu dulu, dari sebutan Pondok Salafiyah dulu yah …

Yang disebut dengan Pondok Salafiyah atau Pondok Salafiy biasanya memang terkenal “Kuno” atau lebih dikenal lebih Tradisional. Bukan berarti bahwa pondok salafiy ini pondok yang udah kuno lho ya, yang disebut tradisional atau kuno disini adalah dalam bentuk sistem pengajaran yang ada di dalam pondok pesantren tersebut, mengenai santri di dalamnya ya sama saja dengan pondok modern, ya santri biasa juga. Nah karena pondok salafiy menggunakan sistem pengajaran yang demikian itu kita dapat menyimpulkan bahwa pengajaran yang ada juga tergolong lebih ke arah ilmu agama islam yang lebih mendalam dibandingkan dengan adanya pelajaran umum (Red: Pelajaran Matematika, Fisika dkk/Pelajaran Formal)

Selanjutnya, yaitu disebut dengan Pondok Modern yang sudah tidak lagi menerapkan sistem pengajaran lama/kuno (Bukan Klasikal/Jenjang Diniyah seperti yang ada dalam sistem pengajara Pondok Salafiy) yang diajarkan di dalam pondok modern notabene adalah pelajaran-pelajaran modern (Red: Formal) seperti adanya pelajaran matematika, fisika, bahasa indonesia (karena pada jaman dulu pelajaran ini memang tidak berlaku sama sekali dalam dunia pondok pesantren)

santri pesantren salafiy

Masih Bingung cara membedakannya? Okelah berikut beberapa ciri-ciri yang bisa kamu gunakan untuk membedakan antara keduanya

Pondok Salafiyah

  • Adanya penekanan pada penguasaan kitab klasik atau kitab kuning (kutub atturats – كتب التراث ) yang sering disebut dengan kitab gundul.
  • Masih diberlakukannya sistem pengajian sorogan, dan wetonan, bandongan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) santri.
  • Saat ini walaupun pesantren salaf memperkenalkan sistem jenjang kelas–disebut juga dengan sistem klasikal namun materi pelajaran tetap berfokus pada kitab-kitab kuning alias kitab klasik
  • Secara umum hubungan emosional kyai-santri di pesantren salaf jauh lebih dekat dibanding pesantren modern. Hal ini karena kiai menjadi figur sentral: sebagai edukator karakter, pembimbing rohani dan pengajar ilmu agama.
  • Materi pelajaran umum seperti matematika atau ilmu sosial tidak atau sangat sedikit diajarkan di pondok salaf.
  • Pondok salaf yang murni tidak memiliki lembaga pendidikan formal SD/MI MTS/SMPSMA/MA apalagi perguruan tinggi yang kurikulumnya berada di bawah pemerintah via Kemdiknas/Diknas atau Kemenag/Depag. Kalau ada sekolah dengan jenjang MI, MTS dan MA biasanya memakai kurikulum sendiri. Sekolah semacam ini disebut dengan madrasah diniyah atau madin.
  • Biaya pendidikan di pesantren salaf relatif murah. Dan jauh lebih murah dibanding pesantren modern. Tidak ada sistem daftar ulang. Dan tidak ada sistem seleksi. Semua santri yang ingin masuk ke pesantren salaf umumnya langsung diterima. Ini berbeda dengan pesantren modern.
  • Akhlak yang santun. Pesantren salaf menekankan pada perilaku yang sopan dan santun terutama dalam berinteraksi dengan guru, orang tua dan masyarakat dan antara sesama santri.

Pondok Modern

  • Penekanan pada bahasa Arab percakapan
  • Memakai buku-buku literatur bahasa Arab kontemporer (bukan klasik/kitab kuning)
  • Memiliki sekolah formal di bawah kurikulum Diknas dan/atau Kemenag dari SD/MI MTS/SMP MA/SMA maupun sekolah tinggi.
  • Tidak lagi memakai sistem pengajian tradisional seperti sorogan, wetonan, dan bandongan.

Nah, dari ciri ciri diatas semoga udah pada paham yang perbedaan pondok salafiy dan pondok modern, mana  yang lebih baik? semuanya baik, karena pada intinya semuanya adalah tempat untuk menuntut ilmu, kalau mau dibandingkan jelas sekali bahwa yang tidak mau menuntut ilmu sama sekali (ntah itu sekolah, pondok dan lain sebagainya) adalah yang lebih buruk

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s