Valentine Bagi Umat Islam?

Oleh : Abdul Musthofa

Boleh jadi tanggal 14 Pebruari setiap tahunnya merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak remaja, baik di negeri ini maupun di berbagai belahan bumi. Sebab hari itu banyak dipercaya orang sebagai hari untuk mengungkapkan rasa kasih sayang. Itulah hari valentine, sebuah hari di mana orang-orang di barat sana menjadikannya sebagai fokus untuk mengungkapkan rasa kasih sayang.

Gi mana sih kok bisa?
Dari awalnya CINTA, yang ternyata eksploitasi cinta tanpa tuntunan agama akan bermuara kepada pergaulan seks bebas dan merusak tatanan, bahkan eksploitasi cinta akan dapat menggiring pelakunya ke sikap pendewaan cinta yang akhirnya akan dapat menggiring seseorang kepada kesyirikan yang tidak disadarinya.
kita menyinggung sedikit tentang Valentine yang secara kebetulan perkembangannya paralel dengan eksploitasi cinta, seks bebas dan materialisme. Tahun demi tahun hiruk-pikuk valentine makin bertambah instensitasnya, dahulu hanya muda-mudi kota-kota besar seperti Jakarta yang mengenal Valentine dan merayakannya, kini sudah mulai merambah ke muda-mudi desa-desa kecil yang ada di Indonesia ini, Valentine tidak saja dikenal oleh para remaja tetapi juga sudah dikenal dan dirayakan oleh anak-anak SD.
Dari sudut pandang ke-Islam-an, ternyata Valentine adalah sebuah perayaan yang harus dijauhi oleh para muda-mudi dan anak-anak muslim dan muslimah, dan sebaiknya para orang tua memberikan informasi kepada anak-anaknya bahwa Valentine bertentangan dengan nilai-nilai ke-Islam-an, memang bukan merupakan hal yang mudah karena sesungguhnya kita berhadapan dengan arus modernisme yang telah mengglobal dan salah kaprah. Opini tidak ketinggalan zaman dan tidak gaul bila tidak merayakan Valentine adalah salah satu kendalanya, namun dengan cara yang baik dan informasi yang akurat, Insya Allah informasi tersebut akan menjadi nasehat yang akan mudah untuk diikuti dan ditaati.

Apaan sih Valentine?
Valentine adalah nama seseorang pemimpin agama Katolik yang telah dianggap menjadi martir ?Islam : Syuhada- oleh orang-orang Kristen (katolik) dan Valentine telah diberi gelar sebagai orang suci (Santo) oleh orang-orang Kristen.
Kisahnya bermula ketika raja Claudius II (268 – 270 M) mempunyai kebijakan yang melarang prajurit-prajurit-nya untuk menikah. Menurut raja Claudius II, bahwa dengan tidak menikah maka para prajurit akan agresif dan potensial dalam berperang.
Kebijakan ini ditentang oleh Santo Valentine dan Santo Marius, mereka berdua secara diam-diam tetap menikahkan para parujurit dan muda-mudi, lama-kelamaan tindakan mereka diketahui oleh raja Claudius, sang rajapun marah dan memutuskan untuk memberikan sangsi kepada Valentine dan santo Marius yaitu berupa hukuman mati
Sebelum dihukum mati, Santo Valentine dan Santo Marius dipenjarakan dahulu, dalam penjara Valentine berkenalan dengan seorang gadis anak sipir penjara, kemudian gadis ini setia menjenguk valentine hingga menjelang kematian Valentine. Sebelum Valentine dihukum mati, Valentine masih sempat menulis pesan kepada gadis kenalannya, yang isinya :
‘ From Your Valentine ‘
Setelah kematian Santo Valentine dan Santo Marius, orang-orang selalu mengingat kedua santo tersebut dan merayakannya sebagai bentuk ekspresi cinta kasih Valentine, dua-ratus tahun kemudian yaitu tahun 496 Masehi setelah kematian Santo Valentine dan Santo Marius, Paus Galasius meresmikan tanggal 14 Pebruari 496 sebagai hari Velentine.
Itulah sejarah hari Valentine yang ternyata untuk mengenang dan memperingati dua orang suci Kristen Katolik yang mengorbankan jiwanya demi kasih sayang.

Apa sih hubungan Valentine dan Barat
Pada abad ke 16 Masehi, perayaan Valentine yang semula merupakan ritual milik agama Kristen Katolik telah berangsur-angsur bergeser, yang semula untuk memperingati kematian santo Valentine dan Marius telah bergeser menjadi hari ?Jamuan Kasih Sayang? yang disebut sebagai ?Supercalis? seperti yang dirayakan oleh bangsa Romawi Kuno pada tiap tanggal 15 Pebruari.
Sedangkan pada abad pertengahan di dalam bahasa Perancis-Normandia terdapat kata? Galentine? yang berasal dari kata Galant yang berarti cinta, persamaan bunyi antara Galentine dan Valentine disinyalir telah memberikan ide kepada orang-orang Eropa bahwa sebaiknya pada tanggal 14 Pebruari digunakan untuk mencari pasangan. Dan kini Valentine telah tersinkretisasi dengan peradaban Barat.
Valentine telah menjadi bentuk pesta hura-hura, simbol modernitas, sekedar simbol cinta, dan sudah mulai bernuansa pergaulan bebas dan seks bebas di sebagian kota besar di Indonesia .
Banyak para muda-mudi yang mengadakan pesta Valentine hanya karena ikut-ikutan supaya tidak dibilang ketinggalan zaman atau tidak gaul, orang yang ikut-ikutan pesta valentine seakanakan telah menyandang predikat sebagai orang yang modern dan maju, padahal dia tidak tahu apa-apa tentang sejarah Valentine dan Valentine itu sendiri, padahal Valentine sendiri bukanlah hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi.
Tentu saja Barat adalah yang paling diuntungkan dengan hiruk-pikuk pesta Valentine, karena di dalam pesta valentine orang didukung untuk hura-hura, mencari cinta sesaat dan instan, seks bebas, galmour yang semuanya itu mengarah ke peradaban Barat.
Namun kalau kita mau jeli dan teliti, Valentine memang bisa menjadikan seseorang merasa tidak ketinggalan zaman, gaul, fashionable dan segudang simbol peradaban Barat lainnya, salah satu faktor besarnya daya jual produk-produk Barat adalah terbangunnya opini tersebut dikalangan muda-mudi, contoh, orang ingin mengganti Hp-nya dengan HP baru hanya dengan satu alasan saja yaitu ?model baru lebih trendy atau fashionable yang lama telah ketinggalan jaman dan memalukan?, opini semacam itulah yang ingin dibangun barat melaui acara-acara Valentine
Dari sebagian kalangan remaja di Makassar memberikan jawaban seputar Valintine bahwa Valentine adalah hari kasih sayang walaupun sebagian besar dari mereka tidak mengetahui sejarah Valentine.
Dan seiring dengan masuknya beragam gaya hidup barat ke dunia Islam, perayaan hari valentine pun ikut mendapatkan sambutan hangat, terutama dari kalangan remaja ABG. Bertukar bingkisan valentine, semarak warna pink, ucapan rasa kasih sayang, ungkapan cinta dengan berbagai ekspresinya, menyemarakkan suasana valentine setiap tahunnya, bahkan dikalangan remaja muslim sekali pun.
Dan ketika mereka ditanya apakah ingin merayakan Valentine?, sebagian besar menjawab ya dan ingin merayakan bersama sang kekasih, sebagian yang lainnya menjawab tidak perlu dengan alasan kasih sayang itu bukan hanya satu hari itu saja tetapi sepanjang tahun, dan ada juga yang memberikan alasan karena Valentine adalah budaya Barat yang memiliki efek negatif dan merusak. Yang cukup mengejutkan ada seorang anak SD yang tahu tentang hari Valentine dan ingin merayakan dengan memberi hadiah kepada teman spesial.

PANDANGAN ISLAM TENTANG VALENTINE
Dari uraian sejarah Valentine dan hubungannya dengan peradaban Barat saat ini dapat diringkas bahwa Valentine merupakan :
Ritual yang bersumber dari Kristen yang dikukuhkan oleh Paus Galasius untuk mengenang orang suci Kristen yaitu Santo Valentine dan Santo Marius.
Ritual orang-orang Romawi kuno (penyembah berhala) untuk memperingati dewi Juno yaitu ratu dari segala dewa-dewi bagi perempuan dan perkawinan ( dewi cinta).
Ritual bangsa Eropa pada abad pertengahan untuk mencari jodoh.
Media Barat untuk mengkokohkan cengkraman peradaban Barat.,

Tidak dapat dipungkiri lagi, Valentine adalah salah satu pintu masuk untuk menjadi sama dengan mereka.
Itulah jatidiri Valentine dan kedudukannya terhadap agama Islam, banyak para muda-mudi yang mengikuti Valentine hanya sekedar ikut-ikutan dan tidak mengetahui apa dan bagaimana Valentine yang sesungguhnya, mereka ikut hanya karena pernah melihat ada yang jualan kartu Valentine atau menerima kartu valentine, atau karena pernah diajak temannya ikut acara Valentine, atau karena pernah melihat propaganda Valentine di majalah-majalah, tv, film dan lain sebagainya, terhadap sikap para muda-mudi yang mengikut saja terhadap apa yang tidak diketahuinya, Allah SWT telah memberikan peringatan :

Dan janganlah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. QS. 17:36

Jika ini semua telah menjadi tradisi sebagian kaum muslim-muslimah, yang hanya ikut-ikutan saja, tanpa mengetahui sejarahnya, itu semua makin mendekatkan kita kepada kemurkaan Allah, dan menjadikan kebobrokan bagi ummat Islam. Berapa tahun terakhir ini Allah telah menunjukkan beberapa tanda kemurkaan-Nya kepada kita? Apakah kita akan menambah kemurkaan-Nya?
Jangan Pernah Anda Tanyakan Kenapa ?? Karena Jawabnya …Ada pada Anda Sendiri…!!!

Di sadur dari :
Al Islah dan Edhy_CO

9 Balasan ke Valentine Bagi Umat Islam?

  1. Abidin mengatakan:

    Bagi aku, setiap hari adalah hari kasih sayang. Bukan begitu to?:mrgreen:

    Ini komen nyampah! ;(

  2. krus mengatakan:

    orang indonesia udah terbiasa dengan budaya anarkhisme, suka yang berbau kekerasan, valentine penting banget untuk di lakukan oleh muda-muda, dengan valantine minimal sebagai hari refleksi, sudah berapa kita menebar kasih sayang atau bebaliknya sayang (ke) kasih. ini peting banget. hari valantine adalah momentum yang tepat untuk mendeklarasikan anti kekerasan dan anti perang. untuk semua kawan-kawan al facon dan seluruh dunia aku sayang pada kalian. salam damai

  3. Bidin mengatakan:

    Krus, valentine kemarin gak dapat coklat ya?:mrgreen:
    Katanya, valentine itu cuma buat anak SMA. Kalau sudah dewasa kayak kita ini dah gak perlu lagi gitu-gituan, yang penting esensi-nya, ajaran kasih sayang mesti digalakkan. Tapi bukan pada frame Esteh!
    Hahaha … Esteeeeeeh *padahal gak ngerti maksud’E*

  4. matayat mengatakan:

    kalo menurut gw valentine adalah salah satu bentuk mode produksi kapitalisme, kita tahu dihari valentine yang dijadikan simbol adalah emas. yang menjadi permasalahan adalah cara memproduksi emas sangat merusak lingkungan Ternyata untuk membuatnya emas dibuang sedikitnya 20 ton limbah. Di Newmont di Sulawesi Utara misalnya, untuk
    mendapatkan satu gram emas dibuang 2,1 ton limbah
    batuan dan lumpur tailing. Belum lagi 5,8 kilogram
    emisi beracun, berupa 260 gram Timbal, juga 6,1 gram
    Merkuri dan 3 gram Sianida. Limbah ini kelak,
    diwariskan kepada penduduk lokal dan lingkungan
    sekitar. dihari valentine banyak orang yang mencari emas sebagai hadiah atau lambang kasih sayang. jd dihari valentine kita masih mengikuti simbol2 tersebut, maka kita adalah salah satu para antek2 kapitalis dan berapa banyak lingkungan yang akan dikorbankan.
    dan untuk sayang ama temen, keluarga, pacar tidak perlu dihari valentine. dan simbol yg digunakan juga kalo bisa ramah lingkungan.

  5. krus mengatakan:

    hadiah valentin yg paling ramah lingkungan ya pluk-pluk aja rahamt..

  6. suroto mengatakan:

    valentin adalah paling bahaya bagi umat islam karena orang kafir sedikit-sdikit di jauhkan dari Al Qur’an dan Nabi melalui musik atau valentin kita umat islam harus paham tentang perkembang dan pemikir orang kafir sudah meracuni islam bermacam jurus maka penangkalnya sabar dan sholat mudah-mudahan islam mendapat perlindungan dari ALLAH. Amin

  7. ichiko ch@n mengatakan:

    Kasih sayang adalah angan semua manusia untuk mendapatkannya, namun sebuah kesalahan pabila kasih sayang harus kita tunggu didalam waktu yang begitu lama, namun bila seandainya hari valentin itu g’ada, apakah kasih sayang itu ada ? bila hanya hari itu yang kita nantikan. Kasih sayang adalah langkah yang ingin dirasakan oleh setiap manusia,bukan hari khusus yang harus kita anuti dengan kepercayaan layaknya orang2 yahudi dan nasrani yang ada dibumi ini. Bila hati harus berpaling hanya dengan sebuah ketertarikan kepada orang lain, maka hati akan mudah untuk rapuh, khususnya iman yang telah terukir disanubari kaum muslimin. Kasih sayang adalah untuk hari ini dan seterusnya, bukan hari yang tertentu yang harus kita percayai. ” Orang2 nasrani tidak akan berhenti untuk mendekati orang islam sebelum orang islam itu masuk kedalam anutannya. AQI EL-GHIFARI

  8. Del_Poetro mengatakan:

    Oh… Ngono To Sak Jatine!!!
    Dengan begitu kt bs mngambil hikmah mana yang benar dan salah!!!
    Salam Olah Raga…

  9. Vye mengatakan:

    I like it. hoho
    bg q hr vlnti sm kyk hr biasa2 j

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: